Ramen Jepang

Ramen Jepang
Ramen Jepang
Ramen - mie yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan kansui (air mineral alkali) dalam sup kaldu dengan berbagai topping - dibawa ke Jepang dari China sekitar tahun 1910. Tak lama setelah itu, ramen Jepang pertama yang diberi rasa shoyu (kecap) diperkenalkan di daerah Asakusa Tokyo. Ramen di Jepang telah berevolusi dalam berbagai cara pada waktu yang berbeda dan di tempat yang berbeda, untuk menjadi salah satu makanan paling nyaman di Jepang.
foto

Toko ramen penuh sesak dengan pelanggan saat makan siang
Memperbesar foto


Hari ini, Tokyo adalah rumah bagi setiap jenis ramen yang bisa dibayangkan. Mereka termasuk mie yang disajikan dalam rasa kaldu regional standar shoyu, miso (pasta kedelai), dan tonkotsu (tulang babi), serta variasi seperti mie dingin disajikan dengan saus (disebut tsukemen) dan mazesoba, secara harfiah “mie campuran. ”

"Fakta bahwa ramen di Tokyo telah menjadi sangat beragam dapat dikaitkan dengan meluasnya penggunaan Internet," komentar kritikus Osaki Hiroshi dari Ramen Databank, sebuah perusahaan yang merencanakan acara promosi kelezatan. Pelanggan akan sering menyaring melalui sejumlah besar informasi yang tersedia secara online untuk menemukan restoran baru untuk dicoba, dan ini membuat persaingan sengit antara toko ramen, yang harus datang dengan hidangan unik untuk bertahan hidup. Dari 5.000-6.000 toko ramen di Tokyo hari ini, hanya 10% yang benar-benar telah berbisnis selama sepuluh tahun.
Restoran Memicu Ramen RenaissanceDengan mie dan sup yang disajikan dalam mangkuk terpisah, membutuhkan setiap suapan mie untuk dicelupkan ke dalam kaldu, tsukemen adalah contoh paling ekstrem dari perkembangan ramen. Taishoken, restoran di Higashi-Ikebukuro, memicu popularitas tsukemen di Tokyo. Awalnya makanan disajikan untuk para pekerja toko ketika restoran pertama kali dibuka pada awal 1960-an, tsukemen segera menjadi menu yang populer dan kemudian menyebar ke seluruh negeri. Berkat Taishoken, tsukemen sekarang disajikan dalam berbagai rasa di Tokyo.

Terletak di sepanjang Tokyo Ramen Street di Stasiun Tokyo, rumah bagi restoran yang paling banyak dibicarakan, Shichisai yang unik juga terkenal karena keasliannya. Restoran itu menuntut ketika datang ke bahan. Dipilih dari tempat produksi, mereka termasuk dari gandum untuk mie buatan sendiri, ayam yang digunakan dalam kaldu (yang bebas monosodium glutamat), dan shoyu dan miso digunakan untuk membumbui hidangannya.

The mazesoba di Junk Garage, juga terletak di Tokyo Ramen Street, tidak disajikan dalam kaldu sama sekali. Para pengunjung memilih topping seperti saus kental, keripik bawang putih, mayones, telur mentah, atau keju untuk dicampur dengan mie mereka. Dengan musik hard rock yang dimainkan di latar belakang, ramen yang disajikan di sini dibuat untuk selera pelanggan muda toko dengan selera besar mereka. Chabuya, rantai dengan beberapa toko di daerah Tokyo, telah mendesain ulang interiornya dengan gaya restoran Prancis untuk mematahkan konsep umum dari toko ramen "berminyak", membuatnya sangat populer di kalangan pengunjung wanita. Disajikan dengan bahan-bahan musiman dalam porsi kecil, cita rasa ramen mereka yang halus memiliki keanggunan hidangan utama dalam empat hidangan.
Tradisi Abadi: Shoyu RamenDi Tokyo modern di mana setiap gaya ramen dapat ditemukan, rasa klasik ramen tradisional terus bertahan. Pertama kali muncul lebih dari 100 tahun yang lalu, barisan depan dari semua ramen Jepang adalah ramen Tokyo, yang dikenal dengan kaldu shoyu-nya yang jernih. "Shoyu ramen adalah makanan yang nyaman yang kebanyakan orang Jepang akhirnya kembali," kata Osaki. "Jenis ramen ini tidak akan pernah ketinggalan zaman." Didirikan pada tahun 1949, Harukiya tidak mengubah dasar-dasar resep ramen shoyu selama bertahun-tahun, meskipun terus berusaha meningkatkan rasanya melalui pilihan bahan dan teknik memasak. Komitmen terhadap tradisi ini menjadikan Harukiya salah satu toko ramen paling dicintai Tokyo hingga hari ini.

Ramen tidak lagi sekadar makanan cepat saji untuk mengatasi rasa lapar cepat: Ramen telah berevolusi menjadi sedikit suguhan yang tidak pernah membuat orang bosan. Ramen Tokyo pasti akan terus menawarkan selera dan kejutan baru bagi pengunjung di tahun-tahun mendatang.

No comments:

Post a Comment